Intip 10 Jenis Lomba Esport Terkini yang Wajib Ditonton

Intip 10 Jenis Lomba Esport Terkini yang Wajib Ditonton

Lomba Esport, atau olahraga elektronik, adalah bentuk kompetisi yang menggunakan video game sebagai media. Esport telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, menjadi salah satu industri hiburan terbesar di dunia. Jutaan orang dari berbagai negara dan latar belakang menonton dan berpartisipasi dalam berbagai turnamen esport, baik secara online maupun offline.

Esport tidak hanya sekadar bermain game, tetapi juga menunjukkan keterampilan, strategi, kerjasama, dan sportivitas. Yang juga menawarkan berbagai peluang bagi para pemain, tim, sponsor, penyelenggara, dan penggemar.

Namun, untuk bisa menikmati dan mengapresiasi dunia esport, kamu perlu memahami berbagai jenis kompetisi esport yang ada. Setiap jenis lomba esport memiliki game, format, aturan, dan level yang berbeda-beda. Dengan memahami hal tersebut, INA Heroes akhirnya jadi bisa memilih game dan turnamen yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Kira-kira apa aja ya jenis lomba esport yang ada? Simak 10 jenis lomba esport terkini yang wajib ditonton dibawah ini biar kamu makin tau!

1. Mobile Legends

Game satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi INA Heroes. Mobile Legends merupakan game mobile yang bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Di game ini, dua tim yang terdiri dari lima pemain saling bertarung untuk menghancurkan markas (base) lawan. Setiap pemain memilih satu dari berbagai karakter yang memiliki kemampuan dan peran (role) yang berbeda-beda.

Mobile Legends adalah salah satu game esport yang populer di Indonesia dan Asia Tenggara. Game ini memiliki jutaan pemain dan penggemar yang aktif. Ada banyak lomba esport, baik skala lokal, nasional, maupun internasional yang telah diselenggarakan. Beberapa lomba esport Mobile Legends yang terkenal adalah Mobile Legends Professional League (MPL), Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC), dan Mobile Legends World Championship (M5).

2. PUBG Mobile & PC

Selanjutnya ada PUBG, atau Player Unknown’s Battlegrounds, salah satu game yang tidak kalah populer dari Mobile Legends ini bergenre Battle Royale. Di game ini, sejumlah pemain, baik secara solo, duo, atau tim yang berisi 4 orang akan terjun ke sebuah pulau dan harus bertahan hidup dari serangan pemain lain.

Pemain bisa menemukan dan menggunakan berbagai senjata, kendaraan, dan perlengkapan yang ada di pulau. Pemain yang terakhir bertahan adalah yang akan mendapat ayam (Winner winner Chicken Dinner) atau pemenangnya.

PUBG memiliki dua versi, yaitu PUBG Mobile dan PUBG PC. PUBG Mobile adalah versi mobile dari PUBG yang bisa dimainkan di smartphone. PUBG PC adalah versi PC dari PUBG yang bisa dimainkan di komputer. Kedua versi ini memiliki gameplay, grafis, dan fitur yang berbeda-beda.

Sebagai salah satu game esport yang juga populer di kancah internasional, game ini memiliki ratusan juta pemain dan penggemar yang tersebar di berbagai negara. Banyak lomba esport, baik skala regional maupun global yang telah diselenggarakan dan beberapa turnamen yang terkenal adalah PUBG Mobile Global Championship (PMGC), PUBG Mobile Pro League (PMPL), PUBG Continental Series (PCS), dan PUBG Global Championship (PGC).

3. CSGO

CSGO, atau Counter-Strike: Global Offensive, adalah game yang bergenre First-Person Shooter (FPS). Dalam game ini, dua tim yang terdiri dari lima pemain saling bertarung dalam berbagai mode permainan, seperti Bomb Defusal, Hostage Rescue, dan Deathmatch. Setiap pemain bisa memilih dari berbagai senjata, granat, dan peralatan yang ada di game.

CSGO adalah salah satu game esport tertua dan paling legendaris di dunia. Game ini memiliki komunitas yang loyal dan antusias. Game ini juga memiliki banyak lomba esport, baik skala regional maupun global. Beberapa turnamen esport CSGO yang terkenal adalah ESL Pro League, Intel Grand Slam, BLAST Premier, dan Majors.

4. Dota 2

Game yang sangat populer yaitu Dota 2 adalah game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Sama seperti beberapa game MOBA lainnya, yaitu dua tim yang terdiri dari lima pemain saling bertarung untuk menghancurkan Ancient lawan. Setiap pemain bisa memilih dari lebih dari 100 hero yang memiliki kemampuan dan peran (role) yang berbeda-beda.

Dota 2 adalah salah satu game esport paling  bergengsi, kompetitif dan prestisius di dunia, karena memiliki tingkat kesulitan dan kompleksitas yang tinggi. Beberapa turnamen esport Dota 2 yang terkenal adalah The International, Dota Pro Circuit, ESL One, dan Major.

5. League Of Legends

Masih dari game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Di League of Legends atau LoL, masih menggunakan gameplay yang sama yaitu dua tim yang terdiri dari lima pemain saling bertarung untuk menghancurkan Nexus lawan. Setiap pemain bisa memilih dari lebih dari 150 champion yang memiliki kemampuan dan peran yang berbeda-beda.

Beberapa lomba esport LOL yang terkenal adalah League Of Legends Championship Series (LCS), League Of Legends EMEA Championship (LEC), League Of Legends Champions Korea (LCK), League Of Legends Pro League (LPL), dan League Of Legends World Championship (Worlds).

6. Free Fire

Free Fire adalah game esport yang bergenre Battle Royal. Di Free Fire akan ada 50 pemain, baik secara solo, duo, atau tim, terjun ke sebuah pulau dan harus bertahan hidup dari serangan pemain lain. Pemain bisa menemukan dan menggunakan berbagai senjata, kendaraan, dan perlengkapan yang ada di pulau. Pemain yang terakhir bertahan adalah pemenangnya.

Free Fire juga merupakan game yang digemari anak-anak di Indonesia dan Asia Tenggara. FF memiliki banyak turnamen esport dari skala lokal, nasional hingga internasional. Beberapa lomba esport Free Fire yang terkenal adalah Free Fire Indonesia Masters (FFIM), Free Fire Master League (FFML), dan Free Fire World Series (FFWS).

7. Valorant

Valorant merupakan game esport selanjutnya dengan genre First-Person Shooter (FPS). Seperti game FPS pada umumnya, di game ini ada dua tim yang terdiri dari lima pemain saling bertarung dalam mode permainan Bomb Defusal atau Team Deathmatch.

Tapi, jika kamu suka bermain sendiri atau solo, kamu bisa memilih mode Deathmatch yang dimana setiap pemainnya akan saling menyerang satu sama lain. Setiap game akan dimulai dengan pemain yang memilih agen pilihan mereka dari berbagai agen yang memiliki kemampuan (skills) dan peran yang berbeda-beda.

Valorant adalah salah satu game esport terkini yang menunjukkan potensi besar di dunia. Dikembangkan oleh Riot Games pada tahun 2020, pengembang yang juga bertanggung jawab atas League of Legends, game ini menawarkan pengalaman bermain yang mengasyikkan, grafis berkualitas tinggi, dan sistem anti-cheat yang canggih.

Valorant juga menjadi tuan rumah bagi sejumlah lomba esport bergengsi, baik di tingkat regional maupun global, termasuk Valorant Champions Tour (VCT), Valorant Masters, dan Valorant Champions.

8. Call Of Duty Mobile

Call of Duty Mobile merupakan permainan bergenre First-Person Shooter (FPS). Dalam arena permainan ini, dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain bersaing dalam berbagai mode permainan, termasuk Team Deathmatch, Domination, Search and Destroy, dan Battle Royale. Setiap pemain memiliki opsi untuk memilih dari berbagai senjata, karakter, dan item yang tersedia di dalam game.

Call of Duty Mobile telah meraih popularitas tinggi sebagai salah satu game esport terkemuka di seluruh dunia. Merupakan versi mobile dari franchise Call of Duty yang telah terkenal sejak lama, game yang menonjolkan gameplay yang dinamis, grafis realistis, dan fitur lengkap, menjadikannya game dengan sejumlah turnamen esport prestisius, baik di tingkat regional maupun global.

Beberapa contoh turnamen terkenalnya adalah Call of Duty Mobile World Championship, Call of Duty Mobile Major, dan Call of Duty Mobile Regional Playoffs.

9. Arena Of Valor

Arena Of Valor yang biasa dikenal sebagai game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), membawa pemain ke dalam pertempuran sengit antara dua tim, masing-masing beranggotakan lima pemain. Misi utamanya? Menghancurkan Core lawan yang menjadi simbol kekuatan mereka.

Para pemain diberi kebebasan untuk memilih dari beragam hero yang tak hanya unik dalam kemampuan, tetapi juga memiliki peran yang beragam, memperkaya strategi dan taktik dalam permainan.

Di Asia, Arena Of Valor termasuk game yang banyak digemari. Game ini adalah versi internasional dari Honor Of Kings, game mobile asal Tiongkok yang terkenal dengan penjualannya yang fenomenal.

Dengan gameplay yang mendebarkan, grafis yang memukau, dan fitur-fitur yang lengkap, Arena Of Valor tidak hanya menjanjikan keseruan, tetapi juga ketangkasan dan kedalaman strategis. Skena esport-nya juga tidak kalah hebat, dengan berbagai turnamen yang diadakan, mulai dari skala regional hingga global.

Beberapa turnamen esport Arena Of Valor yang paling terkenal antara lain Arena Of Valor International Championship (AIC), Arena Of Valor World Cup (AWC), dan Arena Of Valor Star League (ASL), yang semuanya menampilkan kompetisi kelas dunia yang menarik perhatian jutaan penggemar.

10. FIFA

FIFA bukan sekadar nama federasi sepak bola dunia, tapi juga judul salah satu game sepak bola yang populer. Game seru yang bisa bikin kamu dan teman-temanmu adu skill dalam dunia virtual sepak bola. Disini, kamu bisa milih klub favoritmu, atau bahkan negara, dan mainin pemain top seperti Messi, Ronaldo, Haaland hingga Martial. Keren kan?

Sekarang, FIFA lebih dari sekadar game biasa. Karena sekarang jadi game yang juga dimainkan secara profesional dan diadu di turnamen-turnamen kelas dunia. FIFA menyajikan gameplay yang realistis dan grafis yang bikin mata kamu tidak mau berkedip.

Dan di tahun 2023, FIFA menambah canggih dengan fitur-fitur anyar yang bikin pengalaman main kamu makin seru. INA Heroes yang sudah jago pun bisa ikut berbagi turnamen seperti FIFA eWorld Cup yang megah, FIFA eNations Cup yang penuh dengan semangat kebangsaan, FIFA eClub World Cup buat kamu yang punya tim esport, sampai FIFA Global Series yang bikin adrenalin kamu menderu!

Overwatch

Overwatch adalah game yang bergenre First-Person Shooter (FPS). Dalam game ini, dua tim yang terdiri dari enam pemain saling bertarung dalam berbagai mode permainan, seperti Escort, Assault, Control, dan Hybrid. Setiap pemain bisa memilih dari berbagai hero yang memiliki kemampuan dan peran yang berbeda-beda.

Overwatch adalah salah satu game esport paling populer dan inovatif di dunia. Game ini memiliki gameplay yang dinamis, grafis yang cantik, dan cerita yang menarik. Game ini juga memiliki banyak turnamen esport, baik skala regional maupun global. Beberapa turnamen esport Overwatch yang terkenal adalah Overwatch League (OWL), Overwatch World Cup, Overwatch Contenders, dan Overwatch Open Division.

Format Turnamen

Setiap jenis kompetisi esport memiliki format turnamen yang berbeda-beda. Format turnamen adalah cara untuk menentukan siapa yang akan bertanding, kapan, dan bagaimana. Format turnamen bisa mempengaruhi hasil, strategi, dan keseruan dari kompetisi esport.

Ada beberapa format turnamen yang umum digunakan dalam kompetisi esports, antara lain:

  • Permainan liga. Dalam format ini, semua tim atau pemain akan bertanding satu sama lain dalam jumlah pertandingan yang ditentukan. Tim atau pemain yang mendapatkan poin terbanyak akan menjadi juara atau lolos ke babak selanjutnya. Contoh dari format ini adalah League Of Legends Championship Series (LCS), Dota Pro Circuit (DPC), dan Call Of Duty Mobile World Championship.
  • Babak sistem gugur. Dalam format ini, tim atau pemain akan bertanding satu sama lain dalam pertandingan eliminasi. Tim atau pemain yang kalah akan tersingkir dari turnamen. Tim atau pemain yang menang akan maju ke babak selanjutnya. Contoh dari format ini adalah The International, PUBG Mobile Global Championship (PMGC), dan FIFA eWorld Cup.
  • Grup dan sistem gugur. Dalam format ini, tim atau pemain akan dibagi menjadi beberapa grup dan bertanding satu sama lain dalam permainan liga. Tim atau pemain yang mendapatkan peringkat tertinggi di grupnya akan lolos ke babak sistem gugur.

Contoh dari format ini adalah Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC), CSGO Majors, dan Overwatch World Cup.

  • Double elimination. Dalam format ini, tim atau pemain akan bertanding satu sama lain dalam pertandingan eliminasi. Namun, tim atau pemain yang kalah tidak langsung tersingkir, tetapi masih memiliki kesempatan untuk maju melalui lower bracket. Tim atau pemain yang menang di upper bracket dan lower bracket akan bertemu di grand final.

Contoh dari format ini adalah Dota 2 The International, Valorant Champions Tour (VCT), dan Point Blank World Challenge (PBWC).

  • Round robin. Dalam format ini, tim atau pemain akan bertanding satu sama lain dalam jumlah pertandingan yang sama. Tim atau pemain yang mendapatkan poin terbanyak akan menjadi juara atau lolos ke babak selanjutnya. Contoh dari format ini adalah League Of Legends World Championship (Worlds), PUBG Continental Series (PCS), dan Free Fire World Series (FFWS).

Kompetisi Regional dan Internasional

Dunia esports memiliki berbagai tingkat kompetisi, mulai dari lokal, nasional, regional, hingga internasional. Setiap tingkat kompetisi memiliki tantangan, prestise, dan hadiah yang berbeda-beda.

Kompetisi regional adalah kompetisi yang melibatkan tim atau pemain dari wilayah geografis yang sama, seperti Asia, Eropa, Amerika, atau Afrika. Kompetisi regional biasanya menjadi ajang untuk menentukan siapa yang terbaik di wilayahnya, sekaligus menjadi kualifikasi untuk kompetisi internasional. Beberapa contoh kompetisi regional adalah Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC), PUBG Mobile Pro League (PMPL), dan Valorant Masters.

Kompetisi internasional adalah kompetisi yang melibatkan tim atau pemain dari berbagai negara dan wilayah di dunia. Kompetisi internasional biasanya menjadi ajang untuk menentukan siapa yang terbaik di dunia, sekaligus menjadi puncak dari kompetisi esports. Kompetisi internasional juga menawarkan hadiah yang sangat besar dan bergengsi. Beberapa contoh kompetisi internasional adalah Mobile Legends World Championship (M2), PUBG Mobile Global Championship (PMGC), dan League Of Legends World Championship (Worlds).

Tips untuk Calon Kompetitor Esports

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang kompetitor esports, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk calon kompetitor esports:

  • Pilih game yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Anda perlu memilih game yang Anda sukai dan kuasai. Anda juga perlu mempelajari dan mengikuti perkembangan game tersebut, seperti update, meta, dan strategi.
  • Latih keterampilan dan mental Anda. Anda perlu melatih keterampilan Anda, seperti mekanik, taktik, komunikasi, dan kerjasama. Anda juga perlu melatih mental Anda, seperti konsentrasi, disiplin, motivasi, dan stres. Anda bisa melatih keterampilan dan mental Anda dengan bermain secara rutin, belajar dari pemain lain, dan mengikuti turnamen amatir.
  • Cari dan bergabung dengan tim yang cocok. Anda perlu mencari dan bergabung dengan tim yang cocok dengan Anda, baik dari segi keterampilan, gaya bermain, tujuan, dan kepribadian. Anda juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan tim Anda, baik di dalam maupun di luar game. Anda bisa mencari dan bergabung dengan tim melalui media sosial, forum, atau platform esports.
  • Daftarkan diri Anda ke turnamen resmi. Anda perlu daftarkan diri Anda ke turnamen resmi yang diselenggarakan oleh penyelenggara, sponsor, atau platform esports. Anda juga perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di turnamen tersebut. Anda bisa daftarkan diri Anda ke turnamen resmi melalui website, aplikasi, atau email.
  • Berikan yang terbaik dan nikmati prosesnya. Anda perlu berikan yang terbaik dan nikmati prosesnya saat berkompetisi di turnamen esports. Anda juga perlu menghormati dan bersportif terhadap lawan, rekan, dan ofisial. Anda juga perlu menerima dan belajar dari hasil yang Anda dapatkan, baik menang maupun kalah.

Kesimpulan

Jika berminat menjadi seorang pro player esport untuk mengikuti lomba esport sangat perlu untuk memilih game yang sesuai dan selalu melatih keterampilan dan mental. Dengan begitu, kamu bisa merasakan sensasi dan keseruan dari dunia esport.

Jika kamu sangat menyukai industri game dan berkeinginan mendapatkan penghasilan selain dari mengikuti lomba esport, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menjadi Agen Platinum di INAGAME? Dalam kesempatan tersebut, beragam keuntungan bisa kamu dapatkan. Rasakan keseruan bermain INAGAME dan dapatkan hadiah menarik lainnya sekarang juga!

 

Agen

 

referensi:

https://tekno.tempo.co/read/1608261/daftar-7-jenis-permainan-dalam-esports-dari-moba-sampai-fighting-sports

https://hybrid.co.id/post/turnamen-esports-paling-menarik-2021

https://inet.detik.com/games-news/d-5872683/10-turnamen-esports-paling-populer-sepanjang-tahun-2021

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *