Brand Ambassador: Peran dan Pentingnya Dalam Dunia eSport

Brand Ambassador

eSport telah menjadi fenomena global yang menggemparkan dunia hiburan. Baik sebagai industri maupun hiburan, eSport telah mencapai tingkat popularitas yang luar biasa. Namun, dibalik gemerlapnya sorotan, terdapat pemain penting yang berkontribusi secara besar-besaran untuk mendukung pertumbuhan industri ini.

Brand Ambassador adalah salah satu elemen kunci dalam ekosistem eSports terutama untuk hal yang berkaitan dengan pemasaran atau marketing. Artikel ini akan mengulas secara mendalam mengenai Brand Ambassador eSport, peran dan pentingnya dalam mempromosikan eSport yang mana merupakan posisi yang cukup krusial.

Apa Itu Brand Ambassador?

Brand Ambassador yang berarti duta merek dalam bahasa Indonesia adalah individu atau kelompok yang dipilih oleh organisasi atau tim eSports untuk mempromosikan produk atau brand mereka. Mereka membantu meningkatkan ketertarikan dan brand awareness terhadap tim atau brand tersebut dengan berbagai cara, termasuk melalui media sosial.

Salah satu alasan mengapa banyak Brand Ambassador esports di Indonesia adalah wanita adalah karena mayoritas audiens esports adalah laki-laki dan diantaranya banyak yang masih terbilang muda, sehingga pihak tim atau organisasi cenderung memilih wanita yang memiliki daya tarik dan popularitas untuk menarik perhatian mereka.

Dan jika kamu bertanya-tanya apa perbedaan selebriti dengan BA itu sendiri. Berikut beberapa perbedaan dari keduanya:

Selebriti dan brand ambassador adalah dua peran yang berbeda dalam dunia promosi dan iklan. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

  • Selebriti

Adalah seseorang yang terkenal karena prestasi mereka di bidang hiburan, olahraga, atau bidang lainnya. Mereka memiliki basis penggemar mereka sendiri yang mencintai mereka karena keterampilan atau kepribadian mereka.

Selebriti terkadang digunakan dalam iklan karena popularitas dan daya tarik mereka untuk menarik perhatian konsumen.

Biasanya, selebriti digunakan dalam iklan untuk meningkatkan citra merek atau menarik perhatian pelanggan.

  • Brand ambassador

Sedangkan BA seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, adalah seseorang yang dipekerjakan oleh sebuah merek atau organisasi untuk mewakili dan mempromosikan produk atau layanan mereka secara konsisten. Mereka sering kali memiliki kesamaan nilai atau citra dengan merek tersebut, dan mereka berkomitmen untuk mempromosikan merek tersebut secara konstan.

Brand ambassador (BA) mungkin tidak selalu selebriti, tetapi mereka bisa menjadi tokoh publik yang dikenal dalam industri tertentu contohnya seperti eSport ini.

Tugas utama BA adalah membangun brand awareness, memperkuat hubungan dengan konsumen, dan mengkomunikasikan pesan merek secara konsisten.

Peran Brand Ambassador

Sebagai seorang brand ambassador memiliki peran yang sangat penting dalam mempromosikan merek atau brand. Oleh karena itu, sebagai perwakilan resmi atau duta merek harus memahami nilai-nilai dan visi perusahaan dengan baik. Dan tugas utamanya adalah untuk membangun kesadaran merek dan meningkatkan citra merek di mata pelanggan.

Selain itu, peran brand ambassador lainnya adalah:

1. Melakukan Promosi

Ketika seorang brand ambassador pertama kali ditunjuk oleh sebuah perusahaan, organisasi, atau brand. Tentu peran utamanya adalah untuk mengkampanyekan atau mempromosikan produk atau perusahaan tersebut. Hampir semua tim esports kini memiliki BA eSports masing-masing yang mewakili mereka.

Biasanya, brand ambassador yang dipilih telah memiliki basis followers yang besar di platform media sosial seperti Instagram dan Tiktok. Dengan kehadirannya yang kuat di media sosial, BA dapat memanfaatkan platform tersebut untuk membagikan konten yang menarik bagi para followers-nya.

Selain mempromosikan brand atau tim itu sendiri, seorang BA eSports juga bisa menjadi model untuk produk yang dipasarkan dan dibuat dari tim tersebut. Produknya bisa berupa merchandise seperti jersey dan beberapa aksesoris lain.

Adanya BA juga dapat membuat foto produk yang dijual terlihat lebih menarik di depan khalayak umum.

2. Media Live Streaming

Tak hanya itu, banyak brand ambassador yang melakukan siaran langsung (live streaming) bersama pro player dari tim esports mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan citra merek atau nama tim esports tersebut.

Dengan cara ini, tim eSports dapat memperkenalkan pemain mereka secara langsung kepada publik, dan publik dapat melihat keterampilan pemain ketika bekerja sama dengan brand ambassador mereka. Dan dampaknya tim esports yang diwakili juga dapat mendapatkan lebih banyak pengakuan dari publik.

3. Tampil dalam Turnamen Esports

Kehadiran Brand Ambassador (BA) yang memiliki daya tarik visual tentu memberikan warna tersendiri dalam suasana turnamen esports. Terlebih lagi ketika penyiar (caster) yang mengumumkan jalannya turnamen juga memiliki penampilan menarik seperti para BA yang hadir.

Namun, lebih dari sekadar penampilan visual, tujuan utama dari kehadiran BA dalam turnamen ini adalah memberikan dukungan kepada tim yang sedang bertanding. Mereka bertindak sebagai penghibur dan pemberi semangat kepada penonton serta fans tim, sambil juga aktif dalam menciptakan konten di media sosial. Terkadang, mereka juga berinteraksi langsung dengan para fans yang hadir di lokasi turnamen.

4. Membuat Konten Promosi

Selain mengunggah konten yang diberikan oleh perusahaan, seorang Brand Ambassador (BA) eSports juga dituntut aktif dalam membuat konten sendiri untuk mempromosikan tim esports yang mereka wakilkan.

Misalnya, seorang BA dapat menciptakan konten promosi di lingkungan gaming house tim esports terkait. Hal ini termasuk pembuatan konten seperti video untuk platform seperti TikTok atau media sosial lainnya yang bisa menjadi alat promosi bagi perusahaan.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Vonny Felicia via DG Cheat, seorang BA yang dikenal sebagai ONIC Vonzy telah menunjukkan bahwa membuat konten promosi ini adalah bagian penting dari peran mereka.

Manfaat Memiliki Brand Ambassador

Salah satu manfaat memiliki Brand Ambassador adalah membawa nilai tambah dengan popularitas mereka, seperti jumlah pengikut di media sosial. Mereka membantu memperkenalkan produk atau tim esports kepada pengikut mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan engagement dan menarik lebih banyak orang untuk mendukung tim tersebut.

Oleh karena itu, hasil dari kerja keras mereka dalam industri eSports sangat signifikan. Kehadiran mereka bisa membantu tim eSports mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Manfaat lain memiliki Brand Ambassador dalam industri eSports adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Brand Awareness

Brand Ambassador dapat membantu meningkatkan kesadaran merek tim eSports di kalangan masyarakat. Dengan memiliki wajah terkenal yang terkait dengan tim, lebih banyak orang akan mengenalnya.

  • Melindungi Citra Tim eSports

BA juga berfungsi sebagai wakil yang melindungi citra tim eSports. Dengan kehadiran mereka, tim memiliki seseorang yang dapat memberikan dukungan dan menjaga citra baik mereka.

  • Menghadirkan Nilai Positif

Brand Ambassador membawa nilai-nilai positif ke dalam tim eSports. Mereka dapat memotivasi para pemain, menyebarkan semangat positif, dan menjadi contoh yang baik.

  • Membangun Koneksi dengan Penggemar

Mereka membantu memperkuat hubungan antara tim dan penggemar. Dengan berinteraksi aktif di media sosial dan acara-acara, mereka membuat tim lebih dekat dengan audiens mereka.

  • Meningkatkan Word of Mouth Marketing

Kehadiran Brand Ambassador dapat meningkatkan pemasaran dari mulut ke mulut yang positif. Penggemar yang senang dengan kehadiran BA dapat membicarakan tim eSports dengan penuh semangat kepada teman-teman mereka.

Seleksi dan Kerja Sama dengan Brand Ambassador

Pemilihan Brand Ambassador (BA) adalah langkah krusial dalam eSports. Mereka harus memiliki ketenaran dan pemahaman peran mereka. Sebagian BA terkenal sebelum bergabung dengan eSports, seperti selebriti, gamer, YouTuber, streamer, atau selebgram.

Saat ini, banyak tim eSports memilih BA wanita karena mayoritas penggemar game online adalah pria. Penampilan fisik yang menarik dan perilaku positif juga diutamakan.

Namun, mereka harus menjaga reputasi baik, berbicara di depan publik, dan menguasai pengetahuan tentang game online, khususnya saat diwawancara.

Penting juga bagi perusahaan atau tim eSports untuk memahami demografi dari followers seorang Brand Ambassador, seperti jenis kelamin, usia, lokasi, dan minat, untuk memaksimalkan manfaat dari kerjasama ini. Semakin besar penggemar yang dimiliki Brand Ambassador, semakin besar pula manfaatnya bagi brand yang mereka promosikan.

Contoh Sukses Brand Ambassador eSport

Angie Marcheria Setiawan, atau dikenal sebagai BTR Angie, adalah seorang wanita muda berusia 20 tahun yang telah sukses membangun karirnya dengan Bigetron Esports. Ia lahir pada 4 Maret 2002 di Jakarta. Angie adalah sosok yang suka traveling dan hobi makan, sering membagikan momen-momen ini di akun Instagram pribadinya.

Angie bergabung dengan Bigetron Esports sebagai brand ambassador pada 1 Februari 2021. Keikutsertaannya dalam dunia esports menarik perhatian banyak orang, terutama di TikTok, di mana banyak konten kreator membuat video tentangnya yang viral. Ini membuat jumlah pengikut akun Instagram pribadinya melonjak dari 100 ribu menjadi 1,4 juta dan akunnya menjadi terverifikasi.

Selain itu, Angie juga sering diundang dalam podcast esports dan menerima tawaran iklan dan endorse. Manajer Bigetron menyatakan bahwa Angie memiliki bakat dan mudah diarahkan, sehingga ia berkembang dengan baik di Bigetron. Ia juga berkolaborasi dengan banyak brand sweater ternama.

Angie juga sukses mengembangkan channel YouTube-nya hingga mencapai angka 456 ribu pelanggan. Ia membagikan vlog sehari-harinya, bermain game, dan berkolaborasi dengan rekan-rekan satu tim lainnya.

Meskipun sukses di esports, Angie tetap mengejar pendidikannya di Jepang. Ia terlihat sebagai gadis pintar, cerdas, ceria, lembut, dan polos. Ia juga peka terhadap candaan dan sering kali menjadi sasaran godaan anak-anak BTR lainnya.

Nah itu dia, cerita singkat dari contoh sukses Brand Ambassador eSport. Sangat menarik dan seru sekali ya, INA Heroes!

Kesimpulan

Menjadi brand ambassador adalah peluang besar untuk membangun karir yang sukses dan menjadi jalan untuk membuka penghasilan yang menarik lainnya. Dengan memahami peran dengan baik, mengembangkan kualitas yang diperlukan, dan mendukung merek dengan sepenuh hati, kamu bisa menjadi brand ambassador yang sukses dan mendapatkan manfaat yang besar.

Ingatlah, peran Anda bukan hanya mempromosikan merek, tetapi juga menciptakan pengalaman positif bagi tim eSports hingga para penggemar tim mereka.

Penghasilan menarik dalam jumlah besar lainnya bisa kamu dapatkan dengan menjadi Agen Platinum INA Game ID. Karena dengan bergabung dengan menjadi agen platinum, kamu dapat hak penuh atas semua keuntungan transaksi yang kamu lakukan. Menarik bukan?

Yuk join sekarang!

 

Referensi:

https://www.kompasiana.com/mutiaraayu17/62a447ebfca4e42966434b82/angie-marcheria-brand-ambassador-yang-sukses-bersama-bigetron-esports

https://academy.maingames.com/mengenal-brand-ambassador-esports/

Apa Itu Brand Ambassador?

https://duniagames.co.id/discover/article/tugas-brand-ambassador-tim-esports

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *